Setelah  2 tahun lalu saya jalan ama temen saya ke Bangkok, akhirnya tahun ini kami merencanakan kembali untuk jalan bareng tapi dengan jumlah yang lebih besar. Kalo dulu ke bangkok itu ber 3, nah rencana trip kali ini ber 7. Rencana awal adalah ke Yogya selama 3 hari 2 malam. Setelah kebanyakan diskusi dan ternyata ada rencana buat meeting budget tahun ini di Yogya, beberapa kali kena revisi waktu. Sampai akhirnya tiba tiba HN dan anak anak ber ide untuk liburan ke Yogya lagi tahun ini.

Whaatt?! kalo ke Yogya lagi berarti 3 kali dalam sebulan saya … dapet gelas ini mah ! hahhaa … akhirnya karena kebeneran ada libur 17 Agustus yang kejepit jepit itu dan agar salah satu temen kami neng ‘Selena’ bisa joint, maka dengan secara tiba tiba diputuskan udah shortgateaway aja ke Singapore, 2 hari 1 malem. Semuanya serba kilat sampai pesen hotel juga cek bebi cek nya gak bener, alhasil hotelnya agak mengecewakan tapi karena rame rame masih ok lah ya, cuma buat numpang tidur sebentaran doang * menghibur diri sekali deh kamu bubuuu 😛 *

Akhirnyaaa yang berangkat pun jadinya cuma 6 orang sajo dan kami menginap di hotel Noble di daerah little India. Buat saya pribadi, saya gak rekomen ya menginap disini, kasurnya keras, kamarnya sempit banget gelap pula. Oya, dari 2 kali perjalanan ama temen temen akhirnya saya bisa tau mana yang sebenernya travelmates saya yang sesungguhnya. Nita, yup … dia travelmates saya. Urusan booking booking emang urusan kami bedua, nanti temen yang lain tinggal bayar doang. Gitu juga ama itinerary, biasanya sih dia yg buat, kita kasih masukan pengen kesini kesitu. Tapi karena udah sehati ama saya, dia tau buat saya mah ke museum, liat bangunan bangunan bagus … udah bahagia hahaha.

Balik ke si Noble ini juga pilihan terakhir setelah kami agak lama menunggu keputusan neng selena untuk joint apa enggak. Berangkat pada flight jam 6 pagi, seperti biasa lahhh budget airlines ya yang sepaket ama hotelnya tea. Karena kami kalo ‘jalan’ cari yang biayanya terjangkau, setelah menabung dulu tentunya hahaha kasian yak, udahlah nabung masih pake yang budget airlines. Nah karena kalo hotel masih blom ‘berani’ pake hostel apalagi yang sharing bathroom, maka kami gak menamakan diri kami backpacker …. kalo kata Nita, we are independent traveller ! ciiihhh gaya deh lo cyiiinn …..

Sampe SG, kelar cap cap, langsung beli tiket sakti si Singapore Tourist Pass itu. Kita beli yg buat 2 hari, harganya 16 SGD dengan deposit 10 SGD. Itu yang buat deposit, entar pas balikin kartu bisa diambil lagi. Kami beli STP ini di Changi, abis beli langsung masuk stasiun nya. Rute MRT nya ambil yang jalur ijo Changi, brenti di Bugis trus ganti kereta ke jalur biru lalu turun di jalan Besar. Ok, ini kedodolan kami yang pertama. Kita sok iye banget turun disitu trus ganti ke jalur ungu dan turun di Farrer Park. Ok, ini kedodolan kami yang pertama. Berbekal alamat hotel kami keluar dengan rute ke arah Mustafa. muter muterin itu kawasan, akhirnya menyerah tanya sana sini dan itu kita cuma muter muter doang ternyata jalan. Akhirnya nemu hotel Noble ada di ujung jalan Besar dan lebih ke arah Lavender. Dodol emang !

Pelajaran pertama, kayaknya mendingan pas pertama dateng mah kalo blom kenal wilayah nya mendingan pake taksi lah ya, sekalian orientasi ‘lapangan’. Ini Nita biasa nginep di sekitar kampung glam, dia buta banget katanya liittle India, makanya ngukur jalan dah kita. Abis waktu sih tepatnya, 1 jam sendiri itu muter muterin Mustafa hahaha.

Beres tarok barang di hotel, kita langsung jalan lagi ke Bugis Junction buat maksi yang kesorean. Sebelum ini saya udah pernah ke SG 2 kali tapi belum pernah sekalipun ke Bugis Junction yang konon kondang itu ya haha …. sempetin ke sini trus dari Bugis kita ke Marina Bay Sand. Sohib saya bilang kalo ke Marina bagusnya itu jelang malam karena bisa liat lampunya warna warni bagus. Kita gak masuk ke Garden By The Bay. Emak irit mah puas bener dah pokoknya cuma pepotoan di daerah ini.

Tetep kagum ama bangunan perahu itu, banyak spot bagus yang bisa diambil fotonya, ampe gaya kayang kayang dah pokoknya buat dapetin poto bagus. Disini ampe malem, sekitaran abis Isya, kaki dah mulai pegel trus cari makan pengen yang rebus rebusan gitu. Nita sempet tanya sodaranya katanya ada resto shabu enak di daerah Orchard, berburu lah kita kesana dengan kondisi telapak kaki kayaknya dah jerit jerit dan ampe jam 9 malem kita gak nemu itu resto akhirnya kita pake Grab ke daerah Clarke Q, sekalian makan malem sekalian rekues salah satu temen yang kepengen kesini.

Karena kita ber 6, pesen grab nya yang XL dong dan lalu datanglah alphard ! aduuuhh enaaakk deh rasanya … body dah capek *usia berbicara disini akhirnya ! * plus tapak kaki kayaknya dah rata, jadinya berasa surga banget deh itu kita pake grab. Dapet sopir nya yang enak banget, dia rekomendasiin beberapa tempat bagus buat didatengin salah satunya impian saya dan nita …. National Gallery ! *tapi bukan impian temen yang lain hehehe * Oya sopir grab nya agak bingung ngapain kita ke Clarke Quay secara kita gak ada yang minum. Kita bilang mau makan malem di Jumbo, baru dia … oohh i see …

Ternyataaa Jumbo udah malem begitupun masih penuuh aja, waiting list ke 7 kita waktu itu. Akhirnya nyerah, cari resto yang bisa kita makan ajalah. Entah resto nya namanya apa yang pasti enak lah. Ini gak tau karena memang enak atau karena udah laper banget ya. Porsi nya gede gede dan pelayannya baek banget arahin pesenan kita. Jadi pas kita pesen udang misalnya size L, dia bilang untuk 6 orang size M juga cukup dan ternyata bener aja, itu porsi M juga gak abis.

Beres makan buat balik ke hotel kita dah gak kuat pake MRT or bis lagi dan sebenernya udah keenakan pake grab jugak hahaha dan lalu kami pesen grab lagi ! Balik ke hotel udah ampir jam 11 waktu itu, udah gak kuat kemana mana lagi, sempet ada yang ajakin mau ke Mustafa gak? Dengan cepat saya jawab ENGGAK ! ajegile ini kaki udah berasa mau copot hahaha * cemen ! katanya mau jadi traveller yak ?!  kagak lulus dah kamu bubuuu …*

Udah body lelaahh tiada tara, tidur pun tak bisa nyenyak karena kasur nya keras mak ! ampun dah … Bangun pagi dengan kondisi gak bugar bugar banget, pagi itu lanjut jalan ke Haji Lane untuk …. berburu mural ! Kita pake bis turun di halte bis Beach Road trus nyebrang deh ke kawasan haji Lane ini. Huhuhuhu … saya sukaaakk ama kawasan ini. Ya mural nya dan yang paling utama adalah bangunan nya ! banyak bangunan tua kan disini. Temen temen banyakan pada selfie selfie disini sementara saya akhirnya jalan sendiri, hunting foto mural dan bangunan bangunan yang ada disini, ah cakep cakeppp !

Foto ala ala di jalanan depan menuju Masjid Sultan. Dari beberapa mural yang ada, saya paling suka mural yang bergambar kakek nenek dengan nuansa hitam putih. Sungguh mural ini keren banget ! Cuma dapet 3 mural sih sebenernya hahaha. Yang pertama si mural sejuta umat … yang warna warni itu, trus yang hitam putih dan terakhir yang coffee. Waktu dah mepet jadinya gak lama lama disini, kita lanjut ke daerah Distric dan Merlion Park. Ituloh buat foto foto di icon Singa dan memuaskan impian saya dikiiitt ke daerah civic distric dimana National Gallery berada. Oya sebelumnya saya sempat memuaskan diri fotoin Raffless Hotel karena kita salah naik bis dan akhirnya terdampar di halte bis deket Raffless Hotel ini.

Akhirnya sampai juga di daerah Merlion Park dan saya yang udah happy setengah mati liat National Gallery dari kejauhan makin happy pas liat ada si kedai kopi itu ! secaraaa blom sarapan dan ngopi kan … jadinya temen temen berfoto foto di Merlion Park, saya dan salah satu teman saya nongkrong di tempat kopi itu. Sebenernya udah gatel banget pengen nyebrang fotoin Fullerton Hotel yang cantiiikk banget itu ! tapi apa daya … takutnya gak ngejar waktunya, akhirnya cuma mandangin aja dari kejauhan, huhhuhu …. musti balik lagi dan saya puas puasin dikawasan ini buat foto foto.

Selesai ngopi yang foto foto pun udah beres, kita nyebrang ke daerah Civic Distric. Dari sejak turun bis, selain Fullerton Hotel saya jatuh cinta dengan bangunan Victoria Concert Hall, akhirnya bisa foto foto di depan gedung nya dan ke dodolan ke dua, saya gak foto tampak depan persis jadinya patung Sir Raffles nya gak gitu jelas, padahal keren banget ! Lanjut ke National Gallery, ternyata buka jam 10.00 awalnya saya dan Nita mau nekat masuk kalo temen yang lain gak mau, tapi karena jam buka nya jam 10.00 gak bakal ngejar deh … kita harus pulang kan siang itu.

Gak puas sebenernya di Civic District cuma sebentaran begitu tapi terpaksa balik ke hotel buat check out dan jalan ke bandara. Kita akhirnya mutusin pake taksi karena mau mampir dulu ke Mustafa beli coklat. Dari hotel kita dah pesen travel buat ke Bandara, tepat jam 12 travel dah nunggu di depan hotel. Walopun pesawat agak sore, kita sengaja agak cepetan ke Changi karena niat buat makan siang disini dan niat juga buat nukerin balik itu STP.

Kalo ditanya kurang gak 2 hari 1 malam di SG ?! kurang bangeeettt !! hahaha …. pantesan embak embak di imigrasi sempet tanya … are you sure 2 days enough to explore Singapore ?! dia bertanya dengan muka takjub hahaha. Aahhh saya kepengen balik lagiiii … dan kayaknya musti solo travelling kali yaa biar saya bisa datengin tempat tempat yang saya sukain. Ayok ah mari kita menabung lagi buuuu …

2 thoughts on “After 7 years ….. Hello Again Singapore !

1. deddyhuang.com berkata:

aku pun belum sempat explore singapore 🙁 soalnya cuma satu malam aja sih.

1. bubusilpi berkata:

kemaren juga aku semalem doang koh dan bener kuraaang bingitsss dah kalo semalem di sana, minimal 2 malem kali yaa walawpun berati biayanya lumayan banget buat aku secara dolarnya sepuluh rebu ! hahahhaa …. mak irit !